PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA SISWA DALAM MENGHADAPI PENGUMUMAN HASIL UJIAN AKHIR NASIONAL DI SMA KARTIKA III BANYUBIRU KAB. SEMARANG

Mukhamad Mustain, Wulan Sari, Fiktina Fivri Ismiriyam

Abstract


Kecemasan merupakan masalah yang umum dan sering dihadapi oleh individu terutama oleh remaja. Reaksi ini sering dialami oleh remaja khususnya siswa kelas XII ketika menghadapi pengumuman hasil Ujian Akhir Nasional. Kurangnya pengetahuan dan sedikitnya cara yang diketahui oleh siswa untuk mengatasi masalah kecemasan dapat menimbulkan dampak negative seperti kepanikan, tidur tidak nyenyak, marah dan menurunnya konsentrasi belajar. Salah satu cara mengatasi kecemasan adalah dengan melakukan senam otak. Senam otak berisi gerakan tangan dan kaki yang sangat dinamis ditambah dengan pengaturan pernafasan. Gerakan senam otak akan merangsang neurocortex dan saraf parasimpatik sehingga memacu pengeluaran hormone adrenalin sehingga membantu neurunkan kecamasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi senam otak terhadap kecemasan pada siswa dalam menghadapi pengumuman ujian akhir nasional dari kecemasan ringan hingga sedang. Penelitian menggunakan metode quasieksperimental dimana peneliti memberikan perlakukan pada kelompok intervensi dan terdapat kelompok pembanding. Desain penelitian dengan mengujicobakan senam otak pada kelompok intervensi dan nafas dalam pada kelompok control. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII dengan jumlah sampel sebanyak 114 yang terbagi dalam 2 kelompok. Pengumpulan data dilakukan  dengan pengukuran nilai TMAS.  Analisa data menggunakan Wilcoxon dan didapatkan nilai signifikansi (0.000) dimana lebih kecil dari nilai α (0.05).

Kesimpulan terdapat pengaruh senam otak terhadap penurunan tingkat kecemasan siswa kelas XII menghadapi pengumuman hasil ujian akhir sekolah di SMA Kartika, Banyubiru.

Kata Kunci: senam otak, kecemasan, pengumuman hasil ujian akhir sekolah


Anxiety is a common problem and is often faced by individuals, especially by teenagers. This reaction is often experienced by adolescents, especially students of class XII when facing the announcement of the results of the National Final Examination. Lack of knowledge and at least the ways that students know to deal with anxiety problems can have negative effects such as panic, insomnia, anger and decreased concentration of learning. One way to overcome anxiety is to do brain exercises. Brain gymnastics contain very dynamic hand and foot movements coupled with breathing arrangements. Brain movement will stimulate the neurocortex and parasympathetic nerves so that it stimulates the release of adrenal hormones so that it helps reduce anxiety. This study aims to determine the effect of brain exercise therapy on anxiety in students in the face of announcements of national final exams from mild to moderate anxiety. The study used a quasiexperimental method in which the researchers treated the intervention group and there was a comparison group. Research design by testing brain exercise in the intervention group and deep breathing in the control group. The population in this study were class XII students with a total sample of 114 divided into 2 groups. Data collection is done by measuring TMAS values. Data analysis using Wilcoxon and obtained a significance value (0,000) which is smaller than the value of α (0.05).

Conclusion there is the influence of brain gymnastics on the decrease in anxiety level of class XII students when facing the announcement of the final school examination results at SMA Kartika, Banyubiru.

Keywords: brain exercise, anxiety, announcement of final school exam results


Full Text:

PDF

References


Dennison. (2006). Brain GYM (senam Otak). Jakarta: Grasindo.

Goleman, Daniel. (2002). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, A., Aziz alimul. (2007). Riset Keperawtan dan Tehnik Penulisan ilmiah. Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika.

Komalasari, Gantina., Eka Wahyuni., dan Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi penelitian Ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Solikhah, U. (2011). Pengaruh Therapeutic Peer Play Terhadap Kecemasan dan Kemandirian Anak Usia Sekolah Selama Hospitalisasi di Rumah Sakit Wilayah Banyumas. Tesis. Program Magister Ilmu Keperawatan Kekhususan Keperawatan Anak. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Triati Nur, Lies (2014). Hubungan Antara Kestabilan Emosi Dan Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas 3 SMK Muhammadiyah Pekalongan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/31566/

Wong, Donna L, (2012). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, (6 ed.). Jakarta: EGC.

Yanuarita, Franc. Andri. (2008). Memaksimalkan Otak Melalui Senam Otak (Brain Gym). Yogyakarta: Teranova Books.




DOI: https://doi.org/10.33666/jitk.v9i1.210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




  
 Published by : Widya Husada Semarang University | ISSN : 2086-8510 (Print) | ISSN : 2655-5875 (Online)
  

INDEXED BY
 
MAP LOCATION